Rabu, 25 April 2012

LEMONADE TYCOON

PC Game : Lemonade Tycoon Lemonade Tycoon, merupakan salah satu PC Game (game komputer) yang diperkenalkan oleh Game House. Game ini sudah cukup lama ada, merupakan game simulasi dagang yang khusus menjual es lemon. Lemonade Tycoon cukup menyenangkan karena kita dapat bermain sambil belajar mengelola bisnis menjual es lemon di sini. Pada awal permainan, anda (player) diberi tiga pilihan dengan dua pilihan mode permainan, yaitu : 1. New Career 2. New Challenge Pilihan ketiga merupakan Load Game. Dan tersedia juga delapan slot untuk menyimpan permainan yang sedang dimainkan. Game yang sudah disimpan tidak bisa dihapus, tetapi bisa digantikan (replace) kemudian diberi nama baru (rename). Di bawah ini adalah tampilan Main Menu dalam game Lemonade Tycoon :
Saya akan membahas dua pilihan mode permainan dari game Lemonade Tycoon ini. 1. New Career.
Jika anda ingin memainkan mode New Career, anda akan diberi modal usaha senilai 40.00$. Dengan modal usaha yang anda miliki, pertama-tama anda harus membeli persediaan (supplies) atau stok barang untuk membuat es lemon. Untuk membuat es lemon yang enak dan disukai pelanggan (customer), anda harus membuat takaran yang tepat antara jumlah sari lemon + gula per pitcher (kendi) dan jumlah es batu di tiap gelasnya. Saya akan berbagi sedikit untuk takaran es lemon yang enak dan disukai pelanggan saya adalah :
Marketing.
Anda juga harus bisa mengatur berapa harga es lemon yang akan dijual agar mendapat profit (keuntungan). Untuk mengatur harga es lemon yang akan dijual per gelas, anda bisa mengaturnya di pilihan marketing. Selain untuk mengatur harga (price), di dalam pilihan marketing juga terdapat pilihan advertising untuk membuat iklan di selebaran (brosur), koran, dan televisi. Untuk memasang iklan di brosur harganya berkisar 1.00$ - 9.00$, untuk memasang iklan di koran harganya berkisar 10.00$ - 19.00$, dan untuk memasang iklan di televisi harganya 20.00$ saja. Anda bisa mengatur harga sesuai dengan perkiraan cuaca hari ini, karena jika harga es lemon anda 2.00$ saja per gelas, es lemon anda akan laku keras jika cuaca panas, bahkan jika cuaca menjadi sangat panas > 40oC, anda bisa menaikkan harganya lagi sampai 5.00$ (harga maksimal). Akan tetapi, jika cuaca dingin sekitar 10oC – 27oC (ditambah hujan) es lemon anda tidak akan laku dengan harga 2.00$, mau tidak mau anda harus menurunkan harga < 2.00$. Anda bisa melihat beberapa perkiraan cuaca berikut ini :
Tetapi anda jangan terpaku pada contoh perkiraan cuaca di atas, karena perkiraan cuaca pada simulasi yang sedang anda mainkan akan berubah secara acak tiap berganti hari (dalam permainan). Dalam permainan juga terdapat grafik yang menunjukkan tingkat kepopuleran kedai anda dan tingkat kepuasan dari para pelanggan. Untuk menaikkan tingkat kepopuleran, bisa dengan cara memasang iklan di brosur, koran, atau televisi. Dengan demikian akan banyak pelanggan yang membeli es lemon anda. Berikut ini adalah contoh (gambar) tingkat kepopuleran (popularity) dan kepuasan (satisfaction) sebelum dan sesudah dimainkan :
Rent.
Dalam permainan ini juga terdapat beberapa lokasi yang dapat disewa (rent). Lokasi-lokasinya dapat dilihat pada pilihan Rent. Terdapat sepuluh pilihan lokasi yang disewakan untuk kita menjual es lemon, yaitu : 1. The Suburbs 00.00$ / hari 2. The Park 10.00$ / hari 3. Downtown 30.00$ / hari 4. The Train Station 30.00$ / hari 5. The Beach 40.00$ / hari 6. The Mall 50.00$ / hari 7. The Marina 50.00$ / hari 8. The Old Square 100.00$ / hari 9. The Magic Gardens 100.00$ / hari 10. The Hexa-Stad 150.00$ / hari Upgrades. Dalam game ini anda bisa meng-upgrade barang-barang dan juga bisa menambahkan karyawan (staff). Untuk meng-upgrade, cukup klik upgrades lalu pilih barang-barang yang ingin di upgrade, setelah itu pilih buy.
Staff.
Pegawai yang dapat anda pekerjakan ada dua pilihan, anda bisa mempekerjakan keduanya dengan membayar mereka per hari. Berikut ini adalah pegawai-pegawainya :
Pilihan Hire untuk mempekerjakannya, dan Fire untuk memecatnya.
Result. Anda dapat melihat hasil (Result) yang diperoleh hari ini. Di dalam pilihan Result terdapat empat pilihan lainnya, yaitu : 1. Yesterday’s Results (hasil kemarin) : adalah hasil pendapatan bersih dari hasil penjualan kemarin setelah dikurangi stok dan sewa lokasi. 2. Charts (grafik) : adalah grafik yang menunjukan perubahan yang terjadi selama satu bulan menyangkut suhu (temperature), hasil pendapatan (revenues), pengunjung (visitors), dan penjualan (sales). 3. Profit & Loss (laba & rugi) : adalah laba atau rugi yang diperoleh. Laba atau rugi ini akan masuk ke dalam perhitungan neraca pada Balance Sheet. 4. Balance Sheet (neraca) : adalah perhitungan jumlah antara assets yang dimiliki dengan equity. Hasil yang diperoleh haruslah balance (seimbang) 2. New Challenge.
Jika anda ingin memainkan mode New Challenge, cara bermainnya masih sama dengan New Career, hanya saja modal yang diberikan bukan 40.00$ melainkan 280.00$. Di mode Challenge ini, anda diharuskan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya hanya dalam kurun waktu satu bulan saja. Yaap, demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Selamat bermain game Lemonade Tycoon.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar