Jumat, 25 November 2011

Strider Hiryu Flashback

Nama : Rio Wahyudi
NPM : 26210011
Kelas : 2EB01

Strider Hiryu Flashback




Strider Hiryu pertama kali hadir lewat mesin arcade pada tahun 1989. Untuk ukuran masa itu Strider Hiryu adalah sebuah masterpiece. Karakter utama yang cool dengan animasi gerakan halus, sidekick yang keren, musuh-musuh futuristik, desain arena pertempuran yang brilian (untuk ukuran masa itu).

Berikutnya Strider Hiryu diadaptasi ke bermacam-macam versi home-system. Commodore64, Amiga, PC Engine, Sega Master System. Tapi semuanya jauh dari arcade perfect. Baru kemudian ketika muncul versi Sega Mega Drive-nya tahun 1990, fans Strider Hiryu akhirnya bisa menikmati pernis seperti versi arcade.

Sebelum versi Mega Drive dirilis, Nintendo of America mendapat lisensi untuk membuat sebuah game Strider Hiryu bergenre adventure. Dalam game NES ini Hiryu bisa bolak-balik dari satu daerah ke daerah lain, berinteraksi dengan karakter lain untuk mendapat infoermasi dan berbagai item, dan benar-benar harus menggunakan strategi untuk menaklukan lawan. Game ini cukup panjang sehingga disediakan password untuk melanjutkan permainan. Kisah dalam game ini tidak ada hubungannya dengan versi arcade. Meski demikian game ini disambut baik oleh fans Strider Hiryu dan menjadi salah satu game terbaik NES.

Pada tahun 1993 US Gold juga mendapat lisensi yang serupa. Hanya saja hasilnya sangat mengecewakan. US Gold gagal memanfaatkan potensi yang dimiliki Sega Genesis untuk membuat sekuel yang berjudul Strider Return – Journey from Darkness. Kali ini Hiryu yang misinya menyelamat seorang gadis. Dilengkapi dengan dua kemampuan baru yaitu menembakkan pistol laser dan mengubah diri menjadi semacam mecha. Secara visual dan aural bahkan tidak mampu menandingi game yang dibuat tiga tahun sebelumnya. Dari sini kepopuleran Strider Hiryu merosot drastis hingga Hiryu dimunculkan dalam Marvel vs Capcom yang membuka jalan bagi sekuel sejati Strider Hiryu 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar